Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Mengenal Jenis Steel Pipe Flange dan Fungsinya

Mengenal Jenis Steel Pipe Flange dan Fungsinya

11 Januari 2024

Dalam membangun sebuah konstruksi, tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan pipa memegang peran yang cukup penting dan perlu untuk diperhatikan dengan baik karena setiap jenisnya memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing yang bisa membantu untuk menopang hasil konstruksi menjadi lebih baik dan kokoh. Termasuk juga dengan penggunaan steel pipe flange yang biasa digunakan dalam pemasangan dan perlu untuk mengetahui apa saja jenis yang ada dari pipa flange ini serta fungsi yang dimilikinya.

Maka dari itu, untuk memastikan bahwa penggunaan pipa ini sudah sesuai dan benar seperti kebutuhan yang ada, bisa untuk menyimak dulu pembahasannya seperti yang akan diberikan pada artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Steel Pipe Flange

Pada tube bundle heat exchanger manufacturer sendiri juga biasanya tetap membutuhkan adanya penggunaan dari steel pipe flange atau juga banyak dikenal dengan nama flange pipa besi yang selalu dekat dengan proses konstruksi yang ada.

Pada umumnya, penggunaan flange pipa besi ini sendiri digunakan untuk sebagai sambungan dari pipa sehingga aksesnya menjadi lebih mudah dan lebar, terutama untuk instalasi, pembersihan, modifikasi, dan lain sebagainya yang perlu untuk dilakukan.

Perlu juga untuk diingat bahwa pemasangan flange pipa besi ini sendiri bisa menjadi bagian dari yang pemasangannya tidak bisa untuk disepelekan atau dibiarkan dengan mudah begitu saja.

Dalam proses bagian dari saunders sanitary diaphragm valves sendiri, flange pipa besi perlu untuk menggunakan ukuran yang tepat dan benar agar nantinya bisa menyokong konstruksi sambungan pipa itu sendiri dengan lebih baik dan kuat. Tentunya Anda juga ingin memperhatikan penggunaan dan pemilihan pipa yang akan digunakan karena nantinya sambungan pipa dan ketahanannya tergantung pada hal ini karena jika tidak benar-benar dipikirkan, maka sambungan tersebut tidak akan bisa bertahan lebih lama.

Maka dari itu, adanya flange pipa sendiri hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini dan mendapatkan hasil sambungan pipa yang lebih baik serta lebih kuat dibandingkan dengan bahan lainnya yang ada.

Jenis Steel Pipe Flange

Mungkin Anda sebelumnya sudah mendengar mengenai penggunaan dari saunders aseptic diaphragm valves dalam proses pemasangan pipa itu sendiri, tetapi tidak kalah pentingnya juga yaitu dengan mengetahui apa saja jenis dari pipa ini sendiri yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Flange sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa untuk dibentuk dan disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi yang ada sehingga perlu untuk Anda mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh setiap jenis tersebut.

Mengetahui jenis ini juga akan membantu Anda untuk mempermudah mencari mana pipa yang dibutuhkan saat di pasar dan mengetahui seperti harga yang dibutuhkan dan budget untuk pembangunan konstruksi itu sendiri.

Selain memahami saunders type a diaphragm valve, berikut ini merupakan jenis yang dimiliki oleh steel pipe flange diantaranya yaitu:

  1. Weld neck flange yang merupakan pipa dengan long tapered hub dan nantinya bisa untuk dilas secara langsung dengan pipa yang dibutuhkan. Untuk jenis yang satu ini biasanya digunakan untuk membantu mengalirkan fluida dengan tekanan yang cukup tinggi maupun rendah. Adanya tapered hub sendiri bisa memungkinkan untuk distribusi dengan tegangan mekanis yang lebih mulus antara pemasangan pipa yang ada.

    Dari sini, pemasangan ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah saat melakukan inspeksi untuk melihat kemungkinan dari adanya kebocoran dan kekurangan saat dilakukan pengelasan.
  2. Blind flange yang juga ada carbon steel weld neck flange dan merupakan pipa dengan karakteristik yang tergolong cukup unik dan menarik karena tidak memiliki lubang pada bagian tengahnya. Hal ini membuat jenis satu ini banyak digunakan untuk membutakan maupun juga menutup bagian pipa dengan cara memblokir aliran fluida yang ada.

    Banyak yang menggunakan jenis pipa satu ini karena lebih mudah aksesnya dan juga cukup mudah jika perlu pelepasan sehingga operator bisa melaksanakan aktivitas pada bagian ujung pipa dengan lebih leluasa.
  3. Slip on flange yang biasanya digunakan dengan menghubungkannya pada pipa atau alat kelengkapan lain yang digunakan yaitu dengan dua lasan fillet yang ditaruh pada bagian dalam maupun luar dari rongga flange yang ada. Biasa juga dengan FLANGE long welding neck yang membuat ukuran dari lubang ini lebih besar dengan diameter yang lebih luas sehingga perlu untuk memastikan bahwa pipa penghubung yang digunakan sudah sesuai dan cocok.
  4. Socket weld flange yang dapat membantu untuk menghubungkan dengan pipa melalui las fillet tunggal pada bagian luar dari flange yang digunakan tersebut. Cara yang digunakan ini berbeda dengan penggunaan pada slip on flange yang perlu untuk menggunakan dua pengelasan.
  5. Threaded flange yang perlu untuk disambungkan dengan pipa melalui mengencangkan bagian pipa yang pada bagian ujungnya ke flange tanpa perlu menggunakan las. Namun, perlu untuk dipahami pada kondisi tertentu biasanya proses untuk bisa melakukan pengelasan secara kecil ini diterapkan untuk flange dengan jenis ini agar bisa membantu untuk membuat sambungan menjadi lebih kuat dan kencang.
  6. Lap joint flange yang juga ada pada gate valve ball valve globe valve memiliki bagian permukaan yang datar dan biasanya digunakan bersama dengan lap joint stub ends. Untuk jenis yang satu ini biasanya pada jenis kasus tertentu akan dilakukan untuk permukaan dengan radius yang sama dengan lap joint dan lubangnya untuk bisa membuat bagian flange dicocokkan dengan stub ends.
Fungsi Penggunaan Steel Pipe Flange

Mungkin Anda masih ingin tahu apa sebenarnya penggunaan dari jenis large pipe flange satu ini dan fungsi yang dimilikinya dalam proses konstruksi sehingga membuatnya memiliki peran yang cukup penting. Pada dasarnya, flange ini digunakan agar bisa membantu untuk menyambungkan dua komponen untuk jadi satu saja dengan partisi yang digunakan dalam proses konstruksi tertentu dan nantinya sambungan ini untuk penggunaan yang lebih permanen.

Perlu untuk dipahami bahwa penggunaan dari flange ini cukup penting dalam membangun sistem perpipaan yang ada karena nantinya bisa mempermudah saat melakukan maintenance dengan pipa dan penambahan jalur fluida apabila memang keberadaannya dibutuhkan.

Di atas merupakan penjelasan mengenai steel pipe flange dan juga apa saja jenis yang ada serta fungsi yang dimilikinya sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan juga membantu membuat konstruksi menjadi lebih kuat dan kokoh.

Dari berbagai jenis di atas, bisa untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana kebutuhan akan konstruksi yang ada agar nantinya penggunaan dan pemasangan yang perlu dilakukan bisa menjadi lebih tepat dan sesuai serta dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Semoga informasi yang diberikan di atas bisa membantu untuk menjadi manfaat bagi yang sedang mencari flange tepat dan kebutuhan konstruksi yang ada bisa dipenuhi dengan baik.