Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Sekilas Tentang Carbon Steel Weld Neck Flange

Sekilas Tentang Carbon Steel Weld Neck Flange

11 April 2024

Carbon steel weld neck flange diproduksi menggunakan teknologi penghubung pipa. Keunggulan dari penghubung pipa ini adalah proses produksi yang lebih efisien. Produk semacam ini sangat cocok untuk perusahaan dengan intensitas produksi yang tinggi. Berikut ini penjelasan mengenai karbon pipe flange.

Proses Produksi Carbon Steel Weld Neck Flange

Penghubung pipa ini terbuat dari besi. Besi padat tersebut dicairkan. Setelah dicairkan, besi cair tersebut dituangkan ke cetakan. Cetakan berisi besi cair ini dibiarkan hingga dingin dan memadat. Langkah selanjutnya, besi yang sudah padat tersebut diproses.

Proses lanjutannya biasanya memanaskan cetakan berisi besi cair. Prosesnya tergantung dari kebutuhan konsumen. Selain itu, prosesnya juga bergantung pada suplai penghubung pipa yang ada di pasaran.

Jenis Flange yang Umum di Pasaran

Jenis flange atau penghubung pipa beragam, antara lain MS Flange, weld neck flange, bellow flange, serta flange yang bisa dikostumisasi. Carbon steel weld neck flange umumnya digunakan dalam proses pemipaan.

Penghubung pipa ini lebih kuat karena menggunaka proses pengelasan khusus dalam proses penyambungannya. Ada setidaknya 2 ukuran yang berbeda, yaitu ½ inci dan ¾ inci. Beberapa produk sudah disertifikasi sehingga lebih aman dan efektif saat digunakan untuk proses pemipaan skala produksi.

Penggunaan Pipa Penghubung

Pipa penghubung ini umumnya digunakan untuk kondisi tertentu, khususnya kondisi darurat. Kondisi darurat di sini bisa jadi kondisi tekanan yang terlalu tinggi, fluktuasi yang terlalu luas, tekanan suhu yang terlalu tinggi, menyalurkan cairan yang berbahaya. Biasanya perusahaan juga menggunakan pipa penghubung ini untuk kondisi pipa dengan suhu di titik nol.

Apakah Mungkin Menyambung 2 Pipa Penghubung menjadi 1?

Anda bisa saja menyambung 2 pipa penghubung menjadi 1. Proses penyambungannya adalah dengan metode pengelasan. Keunggulan menyambungkan 2 pipa penghubung ini adalah Anda tidak memerlukan perangkat tambahan atau bahan lain untuk menyambungkan keduanya.

Artinya Anda bisa melekatkan 2 pipa penghubung dan langsung mengelasnya. Anda hanya perlu memastikan jika penghubung tersebut kuat dan sudah sesuai dengan standar.

Berapa Kali Anda bisa Melakukan Pengelasan Pipa Penghubung?

Pengelasan kembali bisa dilakukan. Untuk berapa kalinya, Anda harus melihat terlebih dahulu bahan yang digunakan. Jika Anda menggunakan pipa penghubung berbahan dasar 3xx stainless steel, proses pengelasan hanya bisa dilakukan maksimal 2 kai saja.

Sayangnya, jika Anda menggunakan stainless steel duplex dan super duplex, Anda tidak bisa melakukan pengelasan kembali. Jika terjadi kerusakan, maka tidak ada pilihan lain selain mengganti pipa penghubungnya.

Mengelas kembali pipa dengan jenis stainless steel ini sangat berisiko dan membahayakan. Karena itu, Anda harus memeriksa terlebih dahulu jenis Carbon Steel Weld Neck Flange yang akan Anda gunakan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan apakah bisa melakukan pengelasan kembali atau tidak jika terjadi masalah.