Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Apa Itu Globe Check Valve: Komponen, Keuntungan, Dan Kelemahannya

Apa Itu Globe Check Valve: Komponen, Keuntungan, Dan Kelemahannya

07 Oktober 2023

Globe Check Valve adalah jenis katup check yang berbentuk seperti sebuah globe, yang terbuat dari bahan seperti stainless steel, kuningan, bronze, atau baja. Katup ini menggunakan disk check untuk membatasi aliran fluida. Disk ini memiliki lubang di bagian tengah yang memungkinkan aliran tetap dalam satu arah sekaligus menghalangi aliran balik.

Katup ini cocok untuk digunakan pada sistem bertekanan rendah maupun tekanan tinggi. Katup globe check biasanya digunakan di sistem stasiun pompa untuk mencegah aliran balik air dan dipasang dengan pipe flanges and fittings.

Komponen Katup Globe Check
  • Disk
    Ini adalah bagian paling penting dari globe check valve karena berfungsi mengontrol aliran cairan. Disk memiliki bentuk bulat dan dapat bergerak naik atau turun untuk membuka atau menutup aliran cairan.

    Disk terhubung dengan stem atau stem nut sehingga ketika aliran fluida mengalir, disk akan terangkat dan memberikan jalan untuk aliran fluida. Ketika aliran fluida berhenti, disk kembali ke posisi awal dengan bantuan beberapa mekanisme pengereman seperti gravitasi, spring, atau gaya sentrifugal.
  • Seat
    Bagian ini terintegrasi atau melekat dengan body valve. Kebanyakan katup globe saat ini telah dilengkapi dengan seat belakang di dalam Bonnet. Bagian ini menyediakan segel antara Bonnet dan stem sehingga mencegah terjadinya aliran balik dalam sistem pipa.

    Ketika mendapat tekanan, seat akan ditekan ke atas dan memungkinkan aliran dari atas ke bawah. Ketika tekanan sudah tidak ada lagi, seat akan menutup dan mencegah aliran balik dari bawah ke atas.
  • Stem
    Stem adalah komponen yang berperan untuk mencegah aliran balik di sistem pipa. Komponen ini memanfaatkan bola berlubang di bagian tengahnya yang bergerak secara otomatis melawan aliran aliran. Bola berlubang ini mencegah aliran balik ketika aliran melewati, tetapi memungkinkan aliran ke depan ketika aliran mengalir ke arah yang berlawanan.

Katup globe check menggunakan beberapa metode untuk menghubungkan stem dan disk yaitu disk nut dan T-slot. Dalam desain disk nut, disk akan dihubungan ke stem dengan cara disekrup. Sementara itu pada desain T-slot, disk akan meluncur di atas stem.

Keuntungan Menggunakan Katup Globe Check
  • Memiliki kemampuan shut-off yang mumpuni.
  • Memiliki kemampuan throttling yang memadai.
  • Stroke lebih pendek dibandingkan gate valve.
  • Tersedia dalam beberapa tipe di antaranya adalah pola tee, angle, dan wye dengan keunikannya masing-masing.
  • Dilengkapi dengan cakram yang tidak melekat di bagian batang sehingga katup dapat digunakan sebagai stop-check valve.
Kelemahan Katup Globe Check yang Perlu Diketahui

Walaupun memiliki beberapa keuntungan, katup ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Jenis katup ini memiliki penurunan tekanan lebih tinggi daripada gate valve. Selain itu, katup ini juga memerlukan kekuatan yang lebih besar untuk katup seat.

Demikian sedikit informasi mengenai katup globe check. Saat ini globe check valve telah digunakan untuk berbagai sistem di dunia industri seperti sistem pendinginan air, sistem bahan bakar, sistem pelumasan, dan lain sebagainya.