Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

GATE GLOBE CHECK FORGED STEEL VALVE

GATE GLOBE CHECK FORGED STEEL VALVE

06 Januari 2023

Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi Gate Globe Check Valves

Dalam kehidupan sehari – hari, istilah gate globe check valves sering kali digunakan dalam instalasi / pemasangan di berbagai bidang industri seperti pertambangan, pembangkit listrik dan berbagai industri lainnya. Kendati demikian, tahukah Anda apa sebenarnya gate globe valves tersebut hingga banyak industri yang menggunakannya? Bagi Anda yang penasaran mengenai gate globe valves dari segi pengertian, cara kerja sampai dengan fungsi / kegunaannya, maka bisa simak informasi lebih detailnya di artikel berikut ini.

Sekilas pengertian tentang gate globe valves

Pada dasarnya, gate globe valves merupakan sebuah jenis katup yang hadir dengan menggunakan disk gerbang yang bergerak secara linier naik turun untuk mempermudah dalam membuka dan menutup aliran di dalam sebuah pipa / pipe flanges & fittings. Disini dikatakan, bahwa disk ini nantinya akan terhubung dengan batang stem yang akan digerakan dengan memanfaatkan hand wheel atau sebuah setiran. Penggunaan gate globe valves sendiri terbilang mampu bekerja baik dalam membuka dan menutup aliran secara penuh, akan tetapi justru tidak cocok jika digunakan untuk membatasi ataupun mengatur debit aliran pada fluida.

Alasannya yakni karena aliran tinggi yang nantinya melewati gate globe valves dalam keadaan tertutup ataupun terbuka sebagian justru dinilai dapat menyebabkan terjadinya vibrasi yang tidak terduga pada valve atau pipa. Ini wajar lantaran terjadi dari adanya tekanan aliran yang dinilai dapat menimpa bagian permukaan gerbang yang berupa disk. Bukan hanya itu saja, hal ini juga nantinya bisa menimbulkan terjadinya keausan pada permukaan disk dan seat dudukannya ataupun stainless steel weld neck flange sehingga akan mempengaruhi proses pengoperasi gate globe valves itu sendiri.

Membahas lebih lanjut mengenai gate globe valves sendiri umumnya memiliki bagian atau komponen utama yang mana nantinya akan dapat melakukan fungsinya dengan baik. Perlu Anda ketahui, bahwa bagian gate globe valves ternyata memiliki variasi yang berbeda – beda yang didasarkan pada desain dan fungsi / kegunaannya. Adapun mengenai bagian – bagian dari gate globe valves flange pipe connection ini di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Body = komponen casing gate globe valves
  • Seat = komponen tempat dudukan disk pipa
  • Wedge = komponen disk yang bisa digunakan untuk membuka tutup jalur aliran
  • Steam = komponen penghubung antara handwheel dengan disk
  • Gasket = komponen penyekat di antara sambungan casing
  • Bonnet = komponen ruangan tempat disk ketika berada di bagian atas
  • Bonnet bolts = komponen berupa baut untuk mengikat casing katup
  • Hinge pin
  • Gland packing = komponen yang berguna untuk menekan packing agar lebih rapat
  • Gland flange
  • Gland bolts
  • Yoke sleeve
  • Yoke cap
  • Handwheel = komponen setiran untuk memudahkan membuka dan menutup jalur aliran katup
  • Handwhell nut = komponen mur untuk mengikat setiran
  • Lubrivator = komponen berupa pemulas yang menggerakkan stem
Bagaimana cara kerja gate globe valves?

Membahas mengenai cara kerja dari gate globe valves flange stainless steel pipe fittings sendiri terbilang sangatlah sederhana dilakukan. Dimana ketika handwheel atau setiran diputar secara penuh ke arah kiri atau berlawanan arah dengan jarum jam, maka bagian stem akan langsung bergerak naik untuk membawa disk gerbang ikut naik ke atas. Kemudian, hal inilah yang akan menjadikan jalur aliran ikut terbuka agar nantinya bisa lebih gampang dilalui.
Sementara itu, ketika handwheel diputar secara penuh ke arah kanan atau searah dengan jarum jam, maka bagian stem akan langsung bergerak turun untuk mendorong disk gerbang kembali ke posisi dudukan / seat. Nantinya, hal inilah yang akan menyebabkan posisi gate globe valves akan berubah dalam kondisi tertutup. Adapun untuk mengetahui posisi terbuka atau tertutupnya gate globe valves weld neck blind flange ini yakni pada ketinggian stem.

Dimana jika posisi stem terlihat lebih tinggi di atas handwheel, maka hal ini mengartikan bahwa kondisinya dalam keadaan terbuka. Dan begitupun sebaliknya jika posisi stem terlihat lebih rendah di atas handwheel, maka hal ini bermakna bahwa kondisinya sedang dalam keadaan tertutup. Kendati demikian, Anda perlu tahu bahwa hal ini umumnya tidak dapat dipastikan untuk jenis gate globe valves seperti halnya non rising stem.

Cara pemasangan gate globe valves

Seperti yang sudah diulas di pembahasan awal tadi, bahwa penggunaan gate globe valves sendiri biasanya sering dipasang pada instalasi atau pemasangan di berbagai pipe flange manufacturer. Yang mana, pemasangannya sendiri dilakukan dengan memperhatikan yang namanya temperatur dan juga tekanan tinggi. Sebagai contoh dalam sistem instalasi industri pertambangan, pembangkit listrik, pengolahan air, aplikasi lepas pantai, pabrik pupuk, minyak & gas dan lain – lain.

Sementara itu, jika membahas mengenai proses pemasangan dari gate globe valves sendiri terbilang sangat sederhana. Yakni dengan menggunakan 2 konektor berulir / threaded atau dengan menggunakan 2 flange pipa yang nantinya akan disambungkan ke sistem pipa weld neck pipe flanges. Lebih lanjut, pemasangan gate globe valves sendiri diharuskan harus dalam posisi yang tegak lurus dengan arah pipa / arah aliran fluida agar dapat beroperasi dengan baik nantinya.

Apa saja fungsi / kegunaan dari gate globe check valves?

Jika tadi kita sudah mengulas sedikit tentang pengertian, cara kerja dan juga pemasangan dari gate globe valves aluminum tube heat exchanger, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui mengenai apa saja fungsi dari penggunaan gate globe valves tersebut. Adapun fungsi / kegunaan dari gate globe valves sendiri antara lain sebagai berikut.

  1. Membuka dan menutup aliran dalam pipa.
    Salah satu fungsi / kegunaan utama dari gate globe valves yakni dapat digunakan untuk memudahkan dalam membuka dan menutup aliran dalam pipa. Dimana, hal ini hanya bisa dilakukan dengan syarat bahwa ketika dalam posisi terbuka, maka akan memiliki hambatan aliran dan pressure loss yang terbilang minimum.
  2. Mengatur aliran dalam pipa.
    Gate globe valves reducer flange juga berguna untuk keperluan dalam mengatur aliran dalam pipa. Adapun caranya yakni dengan menahan aliran menggunakan perubahan arah atau menggunakan hambatan atau bahkan dengan kombinasi keduanya.
  3. Mencegah terjadinya aliran balik.
    Fungsi / kegunaan lain dari gate globe valves yakni dapat digunakan untuk mencegah terjadinya aliran balik atau dikenal dengan istilah back flow. Dalam melakukan fungsinya ini, biasanya gate globe valves akan menggunakan check valves yang nantinya akan tetap terbuka dan tertutup jika terdapat aliran yang berlawanan arah.
  4. Dapat mengatur tekanan aliran.
    Adapun fungsi yang juga tidak kalah penting dari penggunaan gate globe valves yakni dapat mengatur tekanan aliran. Hal ini terlihat dari pengaplikasiannya di lapangan seperti di sejumlah pabrik industri lain yang mana sangat membantu dalam mencapai tekanan yang diinginkan.

Itulah tadi pembahasan lengkap yang bisa Anda ketahui seputar pengertian, cara kerja dan juga fungsi atau kegunaan dari gate globe check valves. Adapun jika Anda menginginkan penggunaan gate globe valves untuk kebutuhan industri, maka bisa menggunakan gate globe valves dari distributor terbaik dan terpercaya seperti halnya Unggul Prakarsa Prisma.