Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Anti Korosi dan Kuat Ini Dia Kelebihan Flange Stainless Steel Pipe Fittings

Anti Korosi dan Kuat Ini Dia Kelebihan Flange Stainless Steel Pipe Fittings

24 Januari 2023

Anti Korosi dan Kuat Ini Dia Kelebihan Flange Stainless Steel Pipe Fittings

Seperti yang sudah Anda ketahui, pipe flange memainkan peran penting dalam kebutuhan penyambungan pipa, katup, dan perlengkapan industri lainnya. Dan dalam dunia heavy industri, flange stainless steel pipe fittings merupakan pilihan tepat yang sesuai dengan kebutuhan kelas industri yang satu ini.

Dengan pipe flange, proses maintenance pipa akan jadi lebih mudah -- cleaning, perbaikan, hingga inspeksi. Dan dalam heavy industri sendiri, pemilihan pipe flange yang digunakan harus dilakukan secara cermat. Pasalnya, pemilihan pipe flange yang keliru malah bisa berujung jadi titik lemah dalam sistem perpipaan industri. Pertimbangan yang serupa pun berlaku dalam pemilihan gate globe check valves.

Alasan Memilih Pipe Flange Stainless Steel

Lantas, apa alasan mengapa flange stainless steel pipe fittings adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan industri Anda? Berikut 3 (tiga) kelebihan utama jenis pipe flange yang satu ini.

  1. Tahan terhadap korosi.
    Dalam setiap penggunaan material metal atau logam, korosi selalu jadi pertimbangkan penting, termasuk stainless steel. Mengingat bahwa logam secara alami terpengaruh oleh karat, zat kimia, maupun faktor-faktor lingkungan lainnya, Anda perlu memilih pipe flange yang bisa mengatasi faktor-faktor tersebut. Dan stainless steel sendiri sudah lama dikenal sebagai material logam dengan daya ketahanan tinggi terhadap korosi.
  2. Tahan lama.
    Tak hanya itu saja, stainless steel juga dikenal akan daya tahannya, alias durability. Jenis logam yang satu ini bisa menahan tekanan besar dan dalam frekuensi tinggi sekalipun. Meskipun aluminium bisa jadi opsi yang lebih terjangkau untuk pipe flange, daya tahan aluminium sendiri masih jauh di bawah stainless steel.
  3. Tahan suhu tinggi.
    Di dunia industri -- terutama heavy industry -- suhu atau temperatur lingkungan sekitar bisa berubah secara ekstrem. Oleh karena itu, Anda jelas perlu memilih pipe fitting yang tidak akan berubah bentuk, retak, atau mengalami kerusakan saat terjadi perubahan temperatur. Dengan begitu, risiko timbulnya masalah pada sistem perpipaan Anda juga bisa ditekan seminimal mungkin.
Pertimbangan Memilih Pipe Flange Stainless Steel

Di pasaran sendiri, terdapat beragam opsi pipe flange stainless steel yang bisa Anda pilih. Untuk menentukan mana jenis yang tepat, ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Jenis fluida yang dialirkan di dalam pipa, temperatur, dan tekanan fluida tersebut.
  • Untuk fluida yang bersifat beracun, pastikan pipe flange pilihan Anda benar-benar kuat dan rapat untuk mencegah rembesan atau kebocoran.
  • Pastikan material pipe flange tidak mengontaminasi fluida.
  • Regulasi atau peraturan yang berlaku di industri untuk menghindari risiko masalah atau sengketa yang bisa berakhir di meja hukum.

Pada dasarnya, pipe fitting sebenarnya adalah titik lemah dalam sistem perpipaan. Jadi, Anda perlu benar-benar memastikan bahwa flange fitting pilihan Anda memang kuat dan berkualitas, seperti yang telah ditunjukkan oleh flange stainless steel pipe fittings.