Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Mengenal Apa Itu Gate Globe Check dan Perbedaannya

Mengenal Apa Itu Gate Globe Check dan Perbedaannya

02 Februari 2024

Di dalam process plants yang ada di proyek sistem perpipaan, tentu Anda akan melihat komponen pipa yang bernama valve. Terlebih untuk jenis valve yang paling umum digunakan, yakni gate globe check valve. Dimana jenis valve tersebut memang banyak kemiripan apabila dibandingkan dengan jenis valve lain.

Apa Itu Valve?

Jadi, valve sendiri merupakan sebuah komponen perpipaan yang biasanya digunakan untuk membuka dan menutup aliran air. Suatu jenis valve juga dapat digunakan untuk mengatur debit aliran sesuai yang dibutuhkan.

Sementara untuk jenis lainnya, tidak dapat digunakan untuk hal tersebut karena memiliki bentuk struktur dan juga stopper aliran yang berbeda. Valve memang didesain menurut fungsi dan juga kegunaannya masing-masing.

Sama halnya dengan jenis valve ini, gate, globe, and check valves. Walaupun ada kesamaan fungsi, namun ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Perbedaan Gate, Globe, Check Valve

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara gate, globe, check valve, antara lain:

1. Gate Valve

Gate valve merupakan jenis katup yang berguna untuk membuka dan menutup aliran saja. Tidak dapat digunakan untuk mengatur pressure dan juga debit aliran. Adapun cara kerja gate valve ini yaitu menggunakan wheel atau kemudi untuk mengangkat dan menurunkan disk stopper.

Jenis valve ini hanya bisa digunakan dalam posisi terbuka penuh dan tertutup secara penuh, tidak boleh tertutup ataupun terbuka sebagian. Sebab, disk akan bergetar dan dapat merusak valve itu sendiri.

2. Globe Valve

Globe valve dirancang khusus untuk dapat mengurangi laju aliran. Dimana jenis valve yang satu ini bisa menutup cairan secara perlahan untuk mengurangi tekanan yang tidak akan menyebabkan water hammer.

Jenis valve yang satu ini mempunyai ruang yang agak sempit di tempat cairan mengalir. Ruang tersebut akan ditutup oleh disk atau piringan yang nantinya akan bergerak naik dan turun. Pergerakan piringan tersebut memang tidak terlalu cepat dan debit aliran bisa dikontrol dengan sangat baik atau istilahnya throttle.

3. Check Valve

Check valve dapat bekerja memanfaatkan gravitasi dan juga perbedaan tekanan dari aliran fluida itu sendiri. Sehingga biasanya check valve tidak memerlukan handle atau pegangan untuk membuka dan menutupnya.

Di dalam sebuah sistem perpipaan industri, check valve banyak berfungsi sebagai pengaman untuk mencegah adanya arus balik yang bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada sistem dan juga peralatan. Alangkah lebih baik pahami fungsi dan juga kegunaan check valve terlebih dulu.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu gate, globe, check valve beserta fungsi dan perbedaannya. Apabila Anda membutuhkan peralatan perpipaan ini, Anda dapat membelinya di https://www.unggulpp.com/, yakni distributor berbagai jenis valve terpercaya.