Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Metode Pengecekan Tekanan Industrial Diaphragm Valve

Metode Pengecekan Tekanan Industrial Diaphragm Valve

13 Februari 2024

Bagaimana Cara KerjaDiaphragm Valve?

Diafragma fleksibel yang dibentuk dari bahan lunak memisahkan rongga badan katup dari rongga penutup katup di industrial diaphragm valve. Katup diafragma memungkinkan untuk on/off throttling serta aliran dua arah. Mereka mengatur laju aliran dengan menurunkan atau memperluas area yang dapat dilewati fluida.

Sangat penting untuk melakukan berbagai prosedur pengujian tekanan untuk diaphragm valve sebelum memasangnya untuk memastikan kesehatan dan masa pakai sistem fluida atau gas apa pun terutama untuk gate globe and check valves.

Industrial diaphragm valve pada dasarnya adalah katup "penjepit" – diafragma elastis yang disekrup ke komponen kompresi. Komponen kompresi digerakkan ke atas dan ke bawah oleh batang katup. Diafragma naik ketika komponen kompresi bergerak ke atas, menghasilkan saluran terbuka dan ketika komponen kompresi turun ke bawah, diafragma ditekan ke badan katup bendung atau ditekan di bagian bawah struktur.

Diaphragm valve memiliki manfaat yang signifikan karena komponen fungsi utamanya diisolasi dari cairan yang melewatinya. Ini berkontribusi pada kemurnian cairan dengan mengurangi kontaminasi dari komponen berkarat. Ini juga meningkatkan keandalan katup karena cairan bertekanan tinggi tidak dapat merusak diafragma, yang merupakan masalah dengan beberapa jenis katup lain yang lebih tradisional.

Metode Pengujian Tekanan untuk Diaphragm Valve/Katup Diafragma

Tes kekuatan katup diafragma sangat mirip dengan prosedur pengujian tekanan yang digunakan untuk katup kupu-kupu. Kenali media dari satu ujung, lalu buka penutup katup sambil menjaga ujung lainnya tetap tertutup. Kedua, tingkatkan tekanan uji ke nilai yang ditentukan dan periksa badan katup dan penutup katup apakah ada kebocoran.

Jika tidak ada kebocoran, itu dianggap memenuhi syarat. Kemudian, kurangi tekanan sistem ke tekanan uji penyegelan, tutup cakram katup, dan periksa ujung yang berlawanan. Jika tidak ada kebocoran artinya memenuhi syarat.

Diafragma memisahkan media dari rongga atas batang katup, mencegah kebocoran meskipun tidak ada media isian. Namun, ketahanan tekanan dan suhu umumnya rendah karena kendala diafragma dan bahan pelapis. Sering kali hanya sesuai untuk situasi ketika tekanan nominal 1,6MPa dan suhu kurang dari 150 derajat Celcius.

Kesimpulan

Katup diafragma adalah jenis katup blok yang lebih baru dan lebih khusus. Hal ini memiliki diafragma pembuka dan penutup yang lebih lembut yang memisahkan rongga badan katup dari rongga penutup katup dan komponen penggerak. Struktur diafragma ini membedakannya sebagai desain satu-of-a-kind dengan beberapa kegunaan dan kemungkinan untuk lebih banyak lagi di masa depan.

Katup diafragma berlapis karet, katup diafragma berlapis fluor, katup diafragma tidak bergaris, dan katup diafragma plastik adalah jenis katup diafragma atau industrial diaphragm valve yang paling populer yang digunakan di berbagai area.