Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Termasuk Stainless Pipe Flanges, Kenali Definisi, Jenis dan Kegunaan Penting Pipa Flange Berikut Ini!

Termasuk Stainless Pipe Flanges, Kenali Definisi, Jenis dan Kegunaan Penting Pipa Flange Berikut Ini!

14 Januari 2024

Pernahkah Anda mendengar istilah pipa flange termasuk halnya jenis stainless pipe flanges dalam kehidupan sehari-hari? Seperti namanya, istilah pipa flange sendiri umumnya sering kali dibutuhkan dalam sistem perpipaan yang banyak digunakan di berbagai industri umum seperti pabrik pupuk, pembangkit listrik, minyak & gas dan lain-lain.

Kendati demikian, bagi Anda yang mungkin saja masih belum paham terkait pipa flange ini, maka bisa simak informasi mengenai definisi, jenis dan kegunaan pipa flange di artikel berikut.

Sekilas definisi tentang pipa flange

Pada dasarnya, pipa flange yang sering ditawarkan di berbagai perusahaan seperti halnya shell and tube heat exchanger manufacturers sendiri dikenal sebagai suatu komponen yang sering kali digunakan untuk menggabungkan dua elemen antara pipa dengan valve ataupun pipa dengan equipment. Yang mana, gabungan tersebut nantinya akan membentuk satu kesatuan yang utuh dengan menggunakan baut sebagai sistem perekatnya.

Tujuan dari hal ini yakni agar supaya kedua benda yang terpisah tersebut tetap saling menyatu dan tidak terpisah sehingga dapat bekerja dengan baik.

Terlepas dari kegunaannya yang sering dipakai untuk menyambungkan dua komponen menjadi satu dengan partisi berupa flange, pipa flange ini ternyata memiliki beberapa ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Dimana, ukuran dan jenis pipa flange ini sendiri biasanya didasarkan pada desain dan juga spesifikasi yang digunakan sesuai kebutuhan tertentu.

Jenis-jenis pipa flange

Berbicara soal jenis-jenis pipa flange atau weld flange types sendiri ada banyak sekali. Yang mana, jenis-jenis pipa flange ini biasanya didasarkan pada class / rating, type face dan juga ANSI. Dari ketiga jenis pipa flange tersebut, di sini kita akan mengulas mengenai jenis-jenis pipa flange berdasakan ANSI yang bisa Anda lihat ulasan lengkapnya di penjelasan berikut ini.

  1. Socket Flange.
    Jenis pipa flange yang pertama ada socket flange yang mana di bagian sisi terluarnya memiliki tahanan. Dalam hal ini, bagian tahanan pipa flange ini nantinya akan menyebabkan pipa yang dimasukkan ke dalamnya tidak akan tembus.
  2. Slip On Flange.
    Berikutnya, ada jenis pipa flange bernama slip on flange yang mana memiliki permukaan inside yang polos dan hampir mirip dengan socket flange. Mengenai ukuran dari jenis pipa flange ini terbilang sedikit lebih besar dibandingkan outside pipa yang dipasang. Adapun untuk pemasangannya hanya masuk sebagian dan pengelasannya hanya dilakukan di bagian sisi depan dan belakang flange saja.
  3. Weldneck Flange.
    Pipa flange jenis ini pada dasarnya paling banyak digunakan dalam sebuah plan lantaran memiliki sifat yang gampang untuk disambungkan dengan pipa. Penggunaan pipa flange weldneck ini dinilai sangat baik untuk penggunaan pressure dan temperatur yang tinggi dan sama baiknya untuk pressure dan juga temperatur yang rendah.
  4. Threaded Flange.
    Sesuai dengan namanya, tipe pipa flange bernama threaded flange ini umumnya memiliki tipe penyambungan yang menggunakan sistem ulir. Umumnya, penggunaan jenis flange ini sering kali digunakan pada area yang sering kali rawan terjadi kebakaran yang mana tidak diperbolehkan adanya pengelasan ataupun percikan api. Sehingga, jenis pipa flange inilah yang akan digunakan lantaran ketika nantinya terjadi perbaikan maka akan lebih gampang dilepas.
  5. Blind Flange.
    Jenis pipa flange bernama blind flange ini umumnya memiliki kegunaan utama yakni untuk menutup aliran seperti halnya cap dalam fitting. Adapun tipe pipa flange blind ini sendiri juga memiliki permukaan yang trata dan tidak berlubang. Hal ini dikarenakan memang fungsi dari ppa blind flange ini untuk penutup dalam sistem perpipaan.
  6. Lap Joint Flange.
    Untuk jenis pipa flange yang terakhir yakni bernama lap joint flange atau juga dikenal dengan nama rtj wn flange ini umumnya bisa diputar sehingga menjadikan posisi lubang bautnya dapat disesuaikan. Jenis pipa flange lap joint flange ini sendiri umumnya tidak disarankan untuk penggunaan pressure yang terbilang tinggi.
Apa saja kegunaan penting pipa flange yang digunakan di berbagai industri?

Jika ditanya mengenai apa sebenarnya fungsi atau kegunaan penting dari pipa flange ataupun stainless pipe flanges yakni untuk memudahkan dalam penyambungan dua komponen menjadi satu bagian partisi berupa flange. Dimana pipa yang sebelumnya terpisah akan disambungkan menjadi satu bagian penuh untuk memudahkan dalam mencapai tujuan konstruksi tertentu.

Biasanya, penggunaan pipa flange ini sering kali digunakan untuk membuat satu sambungan permanen, baik itu antara pipa dan valve maupun untuk pipa ke pipa yang lainnya menjadi satu kesatuan.

Tidak hanya itu saja, penggunaan pipa flange saunders industrial diaphragm valves juga sangat diperlukan dalam memudahkan sistem pekerjaan perpipaan. Yang mana selain digunakan untuk memudahkan dalam proses penyambungan antara 2 komponen menjadi satu, pipa flange juga berguna untuk memudahkan proses maintenance.

Selain itu, penggunaannya pipa flange ini juga dinilai dapat menghemat biaya produksi lantaran bisa menambahkan jalur fluida ke tempat lain tanpa perlu melakukan pemotongan pipa.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemakaian pipa flange

Adapun dalam penggunaan pipa flange sendiri, diperlukan beberapa hal penting yang memang perlu diperhatikan baik-baik. Hal ini tentu saja dilakukan agar pemasangan pipa flange tersebut benar-benar tepat dan nantinya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Adapun beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pemakaian pipa flange seperti halnya long weld neck flange yakni sebagai berikut.

  1. Pilih jenis fluida yang akan digunakan.
    Salah satu tips penting yang perlu Anda perhatian baik-baik ketika akan menggunakan pipa flange seperti misalnya , maka perlu memilih jenis fluida yang akan digunakan terlebih dahulu. Apakah jenis fluida yang digunakan tersebut memiliki sifat korosif seperti halnya minyak dan bahan acid lainnya atau bukan jenis fluida korosif. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada pipa komponen flange seperti long neck flange.
  2. Gunakan class flange yang tinggi ketika menggunakan pressure rating making tinggi.
    Dikatakan dalam hal ini, bahwasanya pressure rating merupakan suatu batasan tingkat tekanan air yang bisa ditahan pada komponen perpipaan. Ketika menggunakan pipa flange, maka pastikan untuk memperhatikan penggunaan class flange tersebut. Jika menggunakan pressure rating yang tinggi, maka sebaiknya menggunakan class flange yang tinggi juga dan begitupun sebaliknya.
  3. Pilih koneksi pipa flange yang digunakan.
    Dalam pemilihan koneksi flange seperti rtj weld neck flange biasanya terdapat beberapa variasi yang bisa disesuaikan kebutuhan. Meskipun penggunaan flange sendiri sama-sama digunakan untuk menyambungkan 2 komponen menjadi satu kesatuan dalam sistem perpipaan, namun Anda juga perlu memperhatikan mengenai pemilihan koneksi pipa flange yang digunakan.

Demikianlah informasi menarik yang bisa Anda ketahui seputar definisi, jenis-jenis dan juga kegunaan penting dari pipa flange termasuk halnya stainless pipe flanges. Adapun jika Anda saat ini sedang membutuhkan pipa flange, maka bisa membelinya di distributor resmi dan berkualitas seperti halnya Unggul Prakarsa Prisma sekarang juga.