Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

3 Jenis Saunders Sanitary Diaphragm Valves yang Paling Sering Digunakan

3 Jenis Saunders Sanitary Diaphragm Valves yang Paling Sering Digunakan

25 Maret 2024

Bagi sebagian orang, saunders sanitary diaphragm valves bukan lagi hal asing. Valve atau katup sendiri banyak digunakan di kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Fungsinya pun berbeda-beda, tergantung pada jenis valve itu sendiri.

Di masyarakat sendiri, istilah valve kurang familier. Justru istilah katup air yang paling banyak diketahui. Nah, berikut ini adalah 3 jenis saunder sanitary valve yang paling sering digunakan dalam berbagai keperluan.

Jenis-Jenis Sanitary Valves yang Ssering Digunakan

Valve sendiri adalah komponen yang terpasang pada perangkat steel pipe flange yang berfungsi untuk mengontrol, mengatur, dan mengarahkan laju aliran air maupun fluida. Cara kerjanya adalah dengan menutup atau membuka sebagian aliran dari instalasi pipa tersebut.

Salah satu industri yang paling membutuhkan valve adalah industri kilang minyak. Jenis valve yang digunakan pun cukup beragam, begitupun dengan tipenya. Berikut ini jenis-jenis sanitary valve yang kerap kali dipakai.

  1. Ball Valve.
    Ball valve jadi jenis paling banyak digunakan oleh masyarakat. Valve jenis ini kerap kali digunakan untuk mengatur dan mengontrol aliran air. Sesuai dengan namanya, ball valve berbentuk bulat seperti bola setengah lingkaran.

    Selain mengatur aliran air, valve jenis ini dapat Anda gunakan untuk mengarahkan air ke area yang diinginkan. Sebab valve ini juga berfungsi sebagai penahan ataupun penghenti sementara debit air yang mengalir dalam pipa.

    Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tapi Anda tak perlu meragukan kemampuan valve jenis ini dalam mengontrol aliran air. Pasalnya, beberapa ahli menyampaikan bahwa ball valve mampu menahan tekanan hingga 500 kg/cm2 dengan temperatur sekitar 300 derajat celcius. Namun, tingkat kemampuan ini juga tergantung pada bahan yang digunakan.
  2. Gate Valve
    .Saunders sanitary diaphragm valves yang kedua adalah gate valve. Katup jenis ini biasanya terletak pada bagian depan ujung pipa. Fungsi utamanya adalah mengatur air maupun gas yang masuk ke dalam jaringan pipa.

    Anda bisa menjumpai gate valve di tempat masuk aliran air, seperti waduk, pembuangan air kotor di gorong-gorong, hingga DAM. Valve jensi ini memiliki daya tahan yang sangat baik karena mampu bertahan hingga suhu 675 derajat Celsius dengan tekanan hingga 20 kg/cm2.
  3. Globe Valve
    .Terakhir, ada globe valve yang sering ditempatkan pada bagian tengah pipa saluran air. Fungsi utama dari globe valve adalah menanggulangi kebocoran yang terjadi pada aliran pipa. Saat terjadi kebocoran di aliran pipa air maupun gas, globe valve akan bekerja dengan cara menahan aliran di dalam pipa. Hal inilah yang membuat kebocorannya dapat segera diperbaiki.

Tiga saunders sanitary diaphragm valves di atas paling sering digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga, industri, hingga pengolahan air. Ketika tidak hanya kuat, tapi juga tahan terhadap korosi dan karat.