Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Flange Long Welding Neck, Cek Di sini

Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Flange Long Welding Neck, Cek Di sini

11 April 2024

Apakah Anda akan melakukan instalasi perpipaan? Kalau begitu flange long welding neck bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Dimana ini merupakan salah satu jenis flange yang cukup popular terutama digunakan dalam industri.

Adapun flange menjadi komponen di dalam industri perpipaan dimana mempunyai fungsi untuk menggabungkan antara dua buah pipa dengan bagian valve ataupun komponen lainnya. Adapun gabungan itulah nantinya akan direkatkan menggunakan baut sehingga akan menjadi satu kesatuan yang utuh.

Apa Itu Flange Long Welding Neck?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi utama dari flange adalah berguna untuk menyambungkan dua komponen menjadi 1. Dengan begitu, pipa yang sebelumnya terpisah maka dapat dijadikan satu sehingga bisa digunakan untuk tujuan konstruksi.

Salah satu tipe steel pipe flange yang paling banyak dicari di masyarakat adalah long welding neck ini. Jangan khawatir karena kehadiran dari flange ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Terutama karena salah satu bagiannya mempunyai komponen yang disebut dengan long tapered hub.

Bagian inilah ternyata dapat memberikan kekuatan yang nantinya dapat digunakan untuk beberapa aplikasi terutama yang melibatkan tekanan serta suhu tinggi. Sedangkan untuk proses pemasangannya sendiri akan dilakukan dengan cara dibor.

Proses pengeboran itulah berfungsi agar bisa sesuai dengan diameter di dalam pipa atau fitting. Dengan begitu nantinya bisa mencegah apabila muncul gangguan sekaligus bisa mengurangi adanya kikisan yang terdapat pada pipa.

Keuntungan Menggunakan Flange Tipe Ini

Ada banyak alasan kenapa flange tipe long welding neck ini banyak dicari oleh sebagian besar orang. Hal tersebut tidak lepas dari beberapa keuntungan yang ditawarkan di dalamnya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Proses Pemasangan Yang Mudah.
    Salah satu alasan kenapa banyak bidang industri memanfaatkan flange ini adalah karena proses instalasinya sangat mudah. Dengan kemudahan itulah, tentu proses pemasangan hanya membutuhkan waktu singkat saja. Selain itu, anda juga akan diberikan kemudahan akses ketika akan melakukan pemeriksaan integritas las via uji radiografi.
  2. Mempunyai Bentuk Kokoh.
    Tidak hanya itu saja, flange inipun juga dikenal karena mempunyai bentuk yang cukup kokoh. Hal tersebut sejalan dengan fungsi utamanya yakni menahan tekanan pada aliran fluida dengan tekanan tinggi. Karena itulah, banyak industri semakin membutuhkan kehadiran dari flange tersebut.
  3. Mengalirkan Fluida Lebih Aman
    .Industri seperti minyak, petrokimia dan gas biasanya akan mengalirkan fluida dengan jumlah besar sekaligus perlu melintasi jarak jauh. Jangan khawatir karena flange inipun mempunyai kemampuan untuk mengalirkan fluida dengan aman dan lancar.

Dalam proses pemasangan pipa, Anda tentu akan membutuhkan beberapa komponen tambahan agar bisa menyatu dengan baik bukan? salah satunya adalah memanfaatkan keberadaan dari flange. Segera dapatkan flange long welding neck hanya dengan PT Unggul Prakarsa Prisma sekarang juga.