Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Beragam Jenis Stainless Steel Reducing Flange

Beragam Jenis Stainless Steel Reducing Flange

20 Januari 2024

Stainless steel reducing flange itu termasuk bagian komponen yang biasa digunakan untuk menggabungkan 2 item pipa Valve menjadi bagian yang utuh antara keduanya, dimana saat merekatkan menggunakan baut dapat berfungsi untuk menyatukan sambungan secara permanen. Lalu apa saja jenis dari flange ini? Simak artikel berikut ini

Jenis stainless steel reducing flange

Material stainless steel reducing flange terdiri dari beberapa bagian yang dibagi berdasarkan class, ukuran serta berdasarkan ANSI, berikut penjelasannya:

  1. Flange berdasarkan classnya.
    Berdasarkan classnya flange memiliki jenis yang berbeda yaitu class 150#,300#,600# yang di bagi berdasarkan tekanan yang dimiliki masing-masing class.
  2. Flange berdasarkan ukuran.
    Flange pipa memiliki ukuran yang berbeda antara flane pipa satu dengan lainnya. Ukuran yang ada pada flange ini antara lain 1/2", 3/4",1",2". Pilihlah ukuran flange berdasarkan kebutuhan Anda.
  3. Flange berdasarkan ANSI.
    Flange berdasarkan ANSI di bagi menjadi beberapa tipe yaitu:
    1. Tipe weldneck.
      Flange tipe ini memiliki bentuk seperti leher yang mengerucut dan mengecil pada bagian ujung flange, sehingga dapat mengakomodasi pipa atau jenis selang lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil. Biasanya tipe flange weldneck ini digunakan pada pipa gas yang memiliki tekanan yang tinggi.
    2. Jenis Flange tipe threaded.
      Jenis Flange memiliki karakteristik salah satunya memiliki bentuk seperti gasket yang sering digunakan untuk menyambungkan pipa yang bertekanan tinggi. Bahan yang digunakan itu memiliki tingkat ketebalan yang tinggi, sehingga dapat menggabungkan beberapa bagian pipa yang ada.
    3. Jenis Flange tipe slip-on serta lap joint.
      Tipe ini memiliki fungsi yang sama yaitu menggabungkan pipa agar memiliki ketahanan yang kuat sehingga tidak menimbulkan celah atau kebocoran pada sambungan satu sama lain. Jika kebocoran ini terjadi maka akan memberikan dampak yang buruk pada alam maupun pekerja.
    4. Jenis Flange tipe socket.
      Ciri-ciri dari tipe flange ini salah satunya terletak pada sisi luar flange yang memiliki tahanan sehingga saat pipa dimasukkan kedalam socket tidak ada celah.
    5. Jenis Flange tipe Blind.
      Fungsi dari tipe Blind ini adalah untuk menutup aliran yang ada misalnya cap dalam fitting. Ciri-ciri dari flange ini salah satunya yaitu rata serta tidak memiliki lubang. Tipe Blind ini termasuk bagian terakhir sambungan dari pipa yang sering digunakan untuk blocking aliran fluida.

Selain berbagai jenis dari flange ada berbagai kelebihan dari gate globe and check valves yang harus Anda ketahui. Pertama tahan pada korosi, memiliki kandungan kromium oksida yang terdapat pada bagian baja, sehingga flange tahan terhadap korosi. Kelebihan yang kedua yaitu mudah untuk di las, bentuk dan bahannya yang stainless sehingga memberikan kemudahan untuk dilakukan sistem pengelasan.

Hal di atas adalah beragam jenis dan berbagai kelebihan dari stainless steel reducing flange yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda saat membeli produk stainless dipasaran, lebih baik ketika Anda membeli produk ini pastikan bahwa produk pilihan Anda telah berbahan stainless.