Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Ini Jenis Reducer Flange Lengkap

Ini Jenis Reducer Flange Lengkap

22 Maret 2023

Ini Jenis Reducer Flange Lengkap

Flange sering digunakan untuk menyambungkan pipa agar dapat dilepas dengan mudah. Flange juga mempersingkat waktu pekerjaan perbaikan dan mempermudah mengganti equipment yang rusak. Maka, reducer flange menjadi komponen yang sangat penting dalam perpipaan karena dapat membantu menyambungkan pipa satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:

Apa Itu Reduce Flange?

Reduce flange bertugas untuk me-reduce (mengurangi) aliran fluida. Reducer ini bertugas untuk menggabungkan dari diameter yang lebih besar ke yang kecil atau sebaliknya.

Reducer flange terbagi menjadi dua jenis, yaitu concentrik reducer dan eccentrik reducer. Keduanya memiliki peran yang berbeda.

Perbedaan Penggunaan Eccentric dan Concentric Reducer

Eccentric dan concentric reducer sama-sama jenis fitting yang memiliki fungsi untuk menyambungkan dua pipa yang berbeda diameter. Walaupun sama sama penyambung koneksi pipa yang berbeda ukuran, akan tetapi eccentric dan concentric reducer dalam penggunaannya sangat berbeda.

Jenis concentric reducer memiliki satu garis tengah dan satu center, sedangkan ecentric reducer memiliki perbedaan dalam garis tengahnya. Contohnya, concentric reducer merupakan reducer yang seimbang, sedangkan eccentric tidak seimbang. Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Penggunaan Concentric Reducer.
    Penggunaan concentric reducer lebih banyak digunakan untuk line atau pipa vertical dan untuk yang konek ke equipment. Asalkan linenya vertical jenis concentric ini bisa digunakan.

    Concentric reducer ini sebaiknya digunakan ketika sudah tidak ada udara yang tersumbat di dalamnya. Namun, Ansa juga bisa memilih eccentric reducer, jika dua pipa yang akan digabungkan ternyata memiliki jarak yang berdekatan.
  2. Penggunaan Eccentric Reducer.
    Eccentric reducer ini biasanya digunakan untuk komponen yang dekat dengan pompa sehingga dapat menghindari udara yang terjebak di dalamnya. Eccentric reducer ini dibedakan lagi menjadi dua jenis yaitu top flat dan bottom flat. Berikut penjelasannya:
    • Penggunaan Bottom Flat Reducer.
      Bottom flat reducer memiliki sisi yang lurus di bawah dan biasanya digunakan pada pipa yang memuat steam (uap). Hal ini lantaran pipa yang memuat gas biasanya mengandung kondensat atau cairan hasil dari pengembunan.

      Kondensat tersebut harus dapat mengalir ke bagian paling bawah dari pipa dan akan terkumpul pada steam trap sehingga digunakan reducer bottom flat untuk menjamin aliran kondensat ini turun.

      Selain itu, bottom flat juga digunakan untuk pipa yang berada di pipe rack. Hal ini lantaran lebih mudah disimpan pada supportnya yang hanya berupa rack, dan rata dengan pipa yang ukurannya berbeda.
    • Penggunaan Top Flat Reducer.
      Top flat reducer digunakan ketika suction dari pompa mengarah dari bawah atau ketika suction dari pipa horizontal.

Jika kedua suction ini menggunakan bottom flat atau concentric reducer, maka dikhawatirkan akan terjadi buble, yaitu udara terperangkap pada sisi atasnya. Maka gate globe check valves ini akan gagal.

Itulah jenis reducer flange. Semoga dapat menambah wawasan Anda.