Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Ini Spesifikasi Socket Weld Flange Types Lengkap

Ini Spesifikasi Socket Weld Flange Types Lengkap

20 April 2024

Flange dibutuhkan untuk membuat sambungan pipa lebih mudah diakses sehingga bisa melakukan pembersihan, inspeksi kecacatan, hingga modifikasi. Flange memiliki berbagai jenis sesuai dengan tipe sistem perpipaan dan fluida yang dialirkan. Jenis flange yang banyak dipesan yaitu socket weld flange types. Jika Anda belum mengenal jenis flange ini, simak ulasan berikut:

Spesifikasi Socket Weld Flange

Socket weld flange merupakan flange yang pada sisi terluarnya terdapat tahanan yang menyebabkan pipa yang dimasukkan ke dalamnya tidak tembus. Memang secara umum socket weld flange types tidak sepopuler weld-neck atau slip on flange, namun jenis flange ini mempunyai keefektifan yang hampir sama dengan yang lain sehingga banyak yang memesannya.

Bahkan, socket weld memiliki keunikan, yaitu adanya counterbore di tengah yang berfungsi memudahkan pengelasan pipa hingga bersih ke dalam soket.

Socket weld ini memiliki ukuran pipa yang lebih kecil dibandingkan jenis lain lantaran sebagai alternatif untuk menggantikan weld-neck dan slip on. Maka, socket weld flange biasanya dipilih untuk tekanan pipa yang relatif rendah, cairan yang tidak korosif, atau untuk industri dengan suhu yang sangat tinggi.

Pemasangan Socket Weld Flange

Socket weld flange terhubung ke pipa ujung persegi menggunakan las fillet. Pipa dirancang agar dapat dipasang hampir rata dengan counter bore flange. Adanya gap antara ujung pipa dan counterbore ini untuk menyisakan ruang yang cukup sehingga dapat menyesuaikan pipa di dalam sambungan.

Meski begitu, butt-weld fitting tidak disarankan untuk dipasang pada sambungan counterbore socket ketika sambungan pipa ujung persegi memungkinkan. Socket weld digunakan untuk ukuran yang lebih kecil dari pipa bertekanan tinggi.

Cara memasangnya dengan memasukkan pipa ke ujung soket dan melakukan las fillet pada bagian atas sambungan. Melalui cara ini akan membuat lubang mulus dan aliran cairan atau gas yang lebih baik di dalam pipa. Slip pada socket weld flange ini memiliki spesifikasi ukuran berkisar dari ½ inci sampai 24 inci.

Jenis Face untuk Socket Weld Flange

Jenis socket weld flange types ini biasanya diproduksi dalam bentuk raised face (RF), flat face (FF), dan ring joint type. Ketika permukaan dinaikkan akan diperlukan socket weld flange, maka tinggi standarnya adalah 1/16 inci dan di bawah tekanan 400. Jika nantinya level tekanan lebih tinggi, socket weld memiliki standar tinggi face sebesar ¼ inci.

Socket weld biasanya tersedia dalam beberapa pilihan bahan yang dijual, seperti carbon steel dan stainless pipe flanges yang bisa dipilih sesuai kebutuhan tekanan atau suhu fluida yang dialirkan.

Itulah spesifikasi lengkap mengenai socket weld flange types yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin membelinya.