*/ ?>
Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Mengenal Rtj Weld Neck Flange untuk Konstruksi Perpipaan

Mengenal Rtj Weld Neck Flange untuk Konstruksi Perpipaan

24 Juni 2024

Dalam konstruksi perpipaan akan mengenal beberapa jenis alat yang digunakan, salah satunya rtj weld neck flange. Alat-alat tersebut memiliki kegunaan tersendiri saat pengerjaan saluran pipa. Mari mengenal lebih lanjut mengenai RTJ.

Definisi Flange dan RTJ Weld Neck Flange

Flange merupakan penamaan untuk jenis sambungan yang akan digunakan saat menyambungkan antar pipa beserta elemennya. Penyambungannya menggunakan bantuan bejana, katup, pompa, kolom reaksi.

Umumnya flange terbagi ke beberapa kelas seperti 150, 300, 900, sampai 2500. Kelas-kelas ini menunjukkan tingkat tekanan yang bisa diaplikasikan.

RTJ adalah singkatan dari Ring Type Joint yang didesain untuk tekanan atau suhu tinggi dalam saluran pipa. Perangkat ini dapat membuat pekerjaan memenuhi standar keamanan.

Pengaplikasiannya termasuk menyusun jalur pipa, katup wadah minyak, serta sambungan bejana tekan berintegritas tinggi.

Serupa dengan penghubung pipa lainnya, RTJ juga menggunakan gasket di bawah kompresi untuk menciptakan sambungan aman.

Material RTJ

Apa saja material yang dimiliki RTJ ini?

  • Stainless steel
  • Nikel alloy
  • Alloy steel
  • Karbon steel
  • Karbon steel suhu rendah
  • Copper alloy
  • Duplex
  • Super duplex steel
Material Gasket untuk RTJ Flange

Gasket yang disambungkan pada RTJ lebih disarankan memilih gasket berbahan lebih lembut dibandingkan flange. Gasket RTJ yang dijual di pasaran mengandung material besi, stainless pipe flanges, hastelloy, titanium, dan super dupleks.

Tipe-tipe Gasket untuk RTJ

Gasket untuk RTJ juga dibagi menjadi empat tipe, apa sajakah?

  1. Tipe R.
    Merupakan tipe orisinil dan paling biasa dari desain gasket RTJ. Tipe ini didesain untuk temperatur dan tekanan tinggi yang digunakan dalam industri minyak, gas, petrokimia.

    Tekanan yang sesuai dengan tipe R mencapai 5.000 psi. Gasket tipe R tersedia dalam bentuk oval atau segi delapan.
  2. Tipe RX.
    Selanjutnya ada gasket rtj weld neck flange tipe RX yang standarnya mengadaptasi tipe R. RX didesain agar sesuai dengan desain alur yang sama dengan standar tipe R-menciptakan sambungan yang bisa ditukar.

    Cincin RX menggunakan sebuah tekanan bertenaga yang dapat memperbaiki efisiensi dari pengunci selaras meningkatnya tekanan internal.

    Lubang saluran tekanan itu termasuk dalam ukuran RX 82 sampai RX 91, dimana kesamaan tekanan memungkinkan.
  3. Tipe BX.
    Gasket BX adalah jenis yang didesain untuk sistem bertekanan tinggi dari 5000 hingga 20.000 psi. desainnya memungkinkan antar flange bertemu, yang mana gasket sepenuhnya terjebak/terpasang di luar dan dalam diameter.

Benda ini juga mempunyai lubang yang memungkinkan adanya keseimbangan tekanan untuk mengurangi udara yang terperangkap di dalam jalur. Tipe BX tidak dapat ditukarkan dengan tipe gasket lainnya.

Itu dia penjelasan dari definisi, jenis material, sampai tipe gasket untuk rtj weld neck flange. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda seputar dunia konstruksi perpipaan.