Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Types of Flow Control Dan Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Types of Flow Control Dan Semua Yang Perlu Anda Ketahui

20 Februari 2024

Types of flow control atau jenis-jenis kontrol aliran adalah hal yang harus Anda pilih dengan hati-hati untuk memastikan keamanan dan kepuasan pelanggan. Flow control itu sendiri adalah sistem hidrolik yang ada pada alat berat yang digunakan khususnya di area migas dan pertambangan. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mengatur jumlah aliran yang masuk ke sebuah sistem aktuator.

Memasang dan memelihara gate globe and check valves mungkin bahkan diwajibkan secara hukum untuk bisnis pertambangan dan migas. Untuk mengetahui jenis mana yang tepat untuk sistem hidrolik Anda, berikut adalah jenis-jenis flow control.

Ball Valves Atau Katup Bola

Ball valves atau katup bola menggunakan desain sumbat bola yang berisi saluran masuk. Anda dapat mengoperasikan katup jenis secara manual dengan menggunakan tuas, yang juga menunjukkan apakah katup tertutup atau terbuka. Anda juga bisa mengoperasikannya secara otomatis dengan menggunakan aktuator.

Katup jenis ini memberikan Anda kontrol aliran cairan yang sangat baik melalui katup, serta memberikan penutupan yang aman saat ditutup. Katup bola sering digunakan dalam pengolahan limbah, kimia, dan pabrik kertas.

Globe Valves Atau Katup Globe

Globe valves atau katup globe menampilkan konstruksi unik yang dirancang untuk membuat cairan melewati arah perubahan dua kali. Katup jenis ini cocok untuk membatasi dan mengatur aliran dengan penarikan kawat dan seat erosion. Globe valves dijual dengan harga lebih terjangkau daripada gate valves, tetapi memiliki ketahanan aliran yang lebih besar.

Gate Valves Atau Katup Gerbang

Types of flow control valves yang selanjutnya adalah gate valves. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, namanya menjadi katup gerbang. Katup jenis ini paling baik digunakan sebagai katup isolasi, di mana Anda menginginkan aliran penuh atau tanpa aliran sama sekali. Saat katup ini terbuka penuh, fluida akan mengalir dalam garis lurus dan tidak ada penurunan tekanan yang signifikan karena hambatan aliran yang rendah.

Check Valves Atau Katup Pemeriksa

Jenis katup ini mencegah pembalikan aliran fluida dalam perpipaan. Check valves tetap terbuka oleh cairan yang mengalir. Jika cairan dibalik, maka katup akan tertutup. Katup jenis ini mencakup swing checks dan lift checks.

Butterfly Valves Atau Katup Kupu-Kupu

Selanjutnya adalah butterfly valves atau katup kupu-kupu. Katup jenis ini biasanya digunakan di industri pengolahan minyak dan gas, pabrik air dan limbah, dan pembangkit listrik tenaga panas dan hidroelektrik. Katup ini biasanya digunakan karena ringan, mudah dioperasikan, dan tidak banyak penurunan tekanan pada katup saat terbuka.

Needle Valves Atau Katup Jarum

Needle valves atau katup jarum menawarkan kontrol aliran yang tepat. Katup jenis ini menampilkan cakram runcing tajam. Perlu diperhatikan bahwa meskipun katup jarum dapat mengontrol aliran dengan presisi, types of flow control ini ini biasanya hanya mampu menangani laju aliran yang relatif rendah.