Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

3 (Tiga) Hal Terkait Large Pipe Flange

3 (Tiga) Hal Terkait Large Pipe Flange

11 April 2024

Dalam berbagai keperluan maka sering dipergunakan pipa, terutama untuk menyambungkan suatu saluran dengan bagian saluran lainnya. Dalam ukuran yang cukup besar ada yang namanya steel pipe flange. Fungsi utamanya adalah sebagai penyambung.

Apa itu Large pipe flange

Large pipe flange atau pipa besar large adalah pipa yang biasanya terbuat dari bahan material baja. Guna dari pipa flange adalah sebagai suatu komponen untuk menyambung antar bagian komponen, dengan secara smooth tanpa kebocoran dan kendala, bisa diandalkan dan lancar. Dalam hal ini yaitu seperti menghubungkan antar pipa, yakni dari pipa dengan pipa, atau pipa dengan valve, atau bisa juga pipa dengan equipment apapun, dengan mekanisme penyambungan yang tidak secara permanen.

Beberapa bagiannya ada pipe flange serta flange fitting. Flange dapat di bongkar juga dipasang dengan memanfaatkan mur baut sebagai media pengencangnya.

Apakah Fungsi Flange?

Flange memiliki fungsi sebagai komponen penyambungan pipa yang bisa untuk dilepas guna memudahkan dalam pekerjaan perbaikan ataupun sebagai pengganti equipment tanpa perlu merusak komponen serta peralatan yang terkait.

Jenis-jenis flange pipa

Flange bervariasi jenis serta ukurannya. Hal ini tergantung pada spesifikasi dan desain pipa yang digunakan. Jenis-jenis pipa flange pipa secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut.

Jenis Pipa Flange berdasarkan Class atau Rating

Dalam hal ini maka ada pipa flange #150, atau #300, atau #600, atau #900, atau #1500, atau #2500 dan seterusnya. Kriteria ini untuk menunjukkan kekuatan daya tekan pipa. Pada suhu kamar dengan tekanan fluida hingga 20 bar maka bisa menggunakan kelas 150. Sedangkan untuk tingkat tekanan hingga 50 bar maka bisa menggunakan kelas 300. Lalu untuk timgkat tekanan hingha 100 bar maka sebaiknya menggunakan kelas 600.

Jenis Pipa Flange berdasarkan Type Face nya

Berdasarkan pada type Face atau tipe permukaannya maka pipa flane dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:

  • Type Flat Face, yaitu yang rata di kedua ujungnya.
  • Type Raised Face, yaitu yang salah satu ujungnya tidak rata tapi menaik.
  • Ring Type Joint, yaitu yang berbentuk seperti cincin, dan mudah disambungkan. Bisa tersambung dengan erat.
Jenis Pipa Flange berdasarkan ANSI (American National Standards Institute)

Jenis pipa flange berdasarkan ANSI, atau standar Amerika maka ada seperti socket, dan slip on, serta weld neck, juga lap joint, dan trheaded serta blind. Masing-masing dirancang dan dibuat dengan fungsinya sendiri-sendiri.

Jenis Pipa Flange berdasarkan NPS (nominal pipe size)

Berdasarkan NPS atau ukuran nominal yang secara standar digunakan untuk membedakan ukuran pipa, maka pipa flange bisa dibedakan menjadi ukuran ½", atau ¾", atau 1", atau 2" atau 10", atau 12" atau 24" dan seterusnya. Tinggal disesuaikan saja dengan ukuran pipa yang akan dipasangkan flange nya.

Guna mendapatkan pipa flange berkualitas tinggi dalam harga yang ramah maka hubungi https://www.unggulpp.com/. Segera hubungi kontaknya guna mendapatkan informasi secara rinci mengenai jenis pipa flange yang diperlukan secara tepat.