Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

4 Kegunaan Crane Diaphragm Valves Di Bidang Industri

4 Kegunaan Crane Diaphragm Valves Di Bidang Industri

22 Februari 2024

Crane diaphragm valves sebenarnya memiliki fungsi dasar yang hampir sama dengan valve atau katup pada umumnya. Pada sistem perpipaan, katup ini berfungsi untuk mengatur aliran fluida. Diaphragm valve sendiri merupakan salah satu jenis katup yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan di bidang industri.

Meskipun secara fungsi tak jauh berbeda dengan katup pada umumnya, tapi diaphragm valve memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah kemampuannya dalam mengalirkan fluida dan gas tanpa adanya hambatan. Lantas, gate globe and check valves biasa digunakan pada industri apa saja? Simak penjelasan lengkapnya sampai selesai.

Penggunaan Diaphragm Valves Di Bidang Industri

Penggunaan valves sendiri tidak terbatas lingkupnya. Nah, berikut ini beberapa industri yang menggunakan katup diafragma untuk sistem pengaliran air maupun sistem injeksi dosing.

  1. Bidang Farmasi.
    Farmasi jadi salah satu sektor yang banyak menggunakan diaphragm valves untuk beragam kebutuhan, mulai dari sistem bioreactor, sistem pengaliran air, sistem fermentasi, hingga pelapisan tablet.
  2. Industri Pengolahan Susu.
    Selain di bidang farmasi, crane diaphragm valves juga kerap digunakan pada industri pengolahan susu yang dipasarkan secara luas. Katup diafragma digunakan pada proses pembuatan maupun pengemasan susu UHT. Selain itu, katup diafragma juga digunakan pada proses pembuatan dan pengemasan susu, pembuatan dan pengemasan keju cair, hingga pembuatan dan pengemasan yogurt.
  3. Industri Makanan dan Minuman.
    Industri yang berhubungan dengan produk makanan dan minuman juga kerap menggunakan diaphragm valves dalam pengolahannya. Umumnya, katup ini digunakan pada proses pembuatan pengemasan makanan bayi, pengemasan mayonise, pembuatn dan pengemasan minyak zaitun, serta proses pembuatan dan pengemasan kecap atau saus.

    Sementara di industri minuman, katup diafragma digunakan pada proses pembuatan dan pengemasan jus berbulir, serta kopi dan teh. Katup ini juga digunakan pada pemasukan aseptic hingga proses tangki sterilisasi.
  4. Untuk Keperluan Rumah Tangga.
    Selain di ranah industri yang membutuhkan proses pengolahan, katup diafragma juga sering digunakan pada lingkup rumah tangga. Biasanya katup jenis ini dipakai pada sistem pengaliran air di area perumahan.
Kesimpulan

Pada dasarnya katup diafragram bukan lagi material asing dalam kehidupan sehari-hari. Dari sektor rumah tangga, farmasi hingga industri pengolahan makanan pun menggunakan katup diafragma. Apalagi, katup jenis ini memiliki berbagai manfaat dan tahan terhadap bahan kimia, sehingga risiko kebocoran dapat diminimalkan.

Nah, itu tadi kegunaan crane diaphragm valves di berbagai sektor yang perlu Anda ketahui. Karena katup diafragma memiliki beberapa tipe, mulai dari manual hingga tipe SL actuator. Selain itu, Selain itu, ada dua jenis katup diafragma yang biasanya dijumpai di pasaran. Untuk itu, kenali fungsi serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing agar tidak salah menentukan pilihan.