Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Berkenalan Dengan Aluminium Tube Heat Exchanger dan Keunggulannya

Berkenalan Dengan Aluminium Tube Heat Exchanger dan Keunggulannya

17 Juni 2023

Aluminum tube heat exchanger adalah salah satu jenis heat exchanger yang berfungsi untuk menukar panas antara dua cairan atau gas menggunakan tabung-tabung yang terbuat dari aluminium. Tabung tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai macam konfigurasi untuk meningkatkan efektivitas dalam menukar panas.

Tabung-tabung aluminium ini dapat menahan tekanan tinggi dan mampu menghilangkan panas dengan cepat. Alat ini biasanya dikombinasikan dengan gate globe check valves yang berfungsi untuk membatasi aliran dalam suatu sistem.

Apa Itu Heat Exchanger

Heat exchanger merupakan alat untuk memindahkan panas pada fluida. Heat exchanger bisa menjadi alat yang sangat efisien dan bisa digunakan untuk menghasilkan energi tambahan dalam sistem tertentu.

Heat exchanger bisa digunakan untuk mengonversi panas dari satu sumber fluida ke fluida lainnya, mengkonversi panas dari satu fluida ke udara atau mengonversi panas dari udara ke fluida. Heat exchanger bisa digunakan dalam berbagai sistem seperti pembangkit listrik, pemanas air, sentral pemanas, sistem pendingin, dan lainnya.

Fungsi Heat Exchanger

Aluminum tube heat exchangers dapat digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk pendinginan air, pendinginan udara, pendinginan minyak, pendinginan cairan, pemanasan, pemulihan panas, dan penukar panas proses. Ini juga dapat digunakan untuk membantu mengontrol kondisi temperatur pada proses manufaktur, misalnya untuk pengolahan makanan, pembuatan bahan kimia, dan pengolahan limbah.

Keunggulan Heat Exchanger
Performa Handal

Jenis heat exchanger ini memiliki permukaan yang luas sehingga dapat memberikan performa yang lebih optimal untuk memindahkan panas. Dengan material dan desainnya, alat ini menawarkan performa yang lebih efisien dibandingkan jenis heat exchanger lainnya.

Mudah Dibersihkan

Aluminium tube heat exchanger sangat mudah untuk dibersihkan karena tersusun dari beberapa bagian yang dapat disambungkan dan dilepas. Tabung-tabung aluminium yang berisi pendingin cairan atau gas dapat dengan mudah disambung dan dilepas. Hal ini memungkinkan proses pemeliharaan yang mudah.

Untuk membersihkannya cukup gunakan air panas dan sabun pembersih khusus untuk alat-alat mesin. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan bagian permukaan luar dan dalam tube heat exchanger. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan biarkan alat mengering dengan sendirinya.

Tahan Korosi

Heat exchanger ini dapat terbebas dari korosi ketika diberi lapisan pelindung seperti lapisan kromium, lapisan nikel, dan lapisan tembaga. Lapisan pelindung ini akan memberikan perlindungan yang kuat dari oksidasi dan korosi jenis lainnya.

Harga Terjangkau

Harga untuk heat exchanger sebenarnya bervariasi tergantung dari jenis dan ukurannya. Namun secara umum harga tube heat exchanger aluminium lebih terjangkau dibandingkan jenis yang terbuat seperti baja dan logam lainnya.

Ringan

Sesuai namanya alat ini menggunakan bahan tabung dari aluminium sehingga membuat profilnya lebih ringan daripada heat exchanger logam lainnya. Dengan bobot yang ringan, heat exchanger ini juga lebih mudah untuk dipasang.

Demikian sedikit ulasan mengenai heat exchanger aluminium dan keunggulannya. Dengan keunggulan yang dimilikinya, aluminum tube heat exchanger ini sekarang sudah banyak digunakan di dunia industri.