Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Long Welding Neck, Jenis Flange Spesial untuk Pressure dan Temperatur Tinggi

Long Welding Neck, Jenis Flange Spesial untuk Pressure dan Temperatur Tinggi

20 Januari 2024

Long welding neck merupakan salah satu komponen paling vital dalam proses instalasi perpipaan dan termasuk jenis flange paling populer dalam industri.

Flange unggulan ini telah didesain sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan dan metode pemasangan. Khusus bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar long weld neck dan apa saja keunggulannya, terus simak ulasan yang berhasil kami rangkum berikut!

Seputar long welding neck

Long welding neck flange adalah salah satu jenis flange yang paling banyak digunakan saat ini. Pasalnya flange spesial ini memiliki banyak keunggulan di bandingkan jenis flange lainnya. Bentuknya sendiri hampir mirip dengan welding neck flange.

Long welding neck sangat dibutuhkan dalam instalasi perpipaan. Tidak hanya menggabungkan 2 komponen menjadi satu, flange juga berguna untuk memudahkan proses maintenance proyek. Untuk Anda yang belum tahu, flange ini juga dikenal sebagai straight hub welding.

Long welding neck flange memiliki 2 bagian, yaitu:

  • Bagian atas, merupakan laras berdinding yang sangat berat.
  • Bagian bawah, merupakan komponen berbentuk piringan menyerupai cakram di mana semua dimensinya telah sesai standar ASME B16.5 sehingga sangat aman digunakan dalam berbagai industri.

Mengenai cara pengaplikasiannya, long welding neck digunakan dengan cara memasangkan nozzle di bagian kepala long welding neck flange.

Meskipun mirip dengan welding neck flange, long welding neck nyatanya memiliki perbedaan yang cukup kentara. Di mana flange ini biasa digunakan sebagai pasangan nozzle yang tidak membutuhkan pipa.

Selain itu, jenis sambungan ini juga cukup panjang sehingga ketika hendak disambungkan ke vessel Anda tidak membutuhkan pipa lagi.

Baca juga ulasan menarik tentang gate globe and check valves.

Penggunaan tipe long welding neck flange

Untuk Anda yang belum tahu nih, tipe long welding neck biasanya digunakan dalam pressure maupun pada temperatur tinggi. Kondisi tak biasa inilah yang membuat biaya pemasangan long welding neck jauh lebih mahal jika dibandingkan yang lain.

Akan tetapi, Anda bisa menghemat waktu produksi jika dibandingkan dengan proses instalasi normal flange yang masih disambungkan ke pipa, yang mana membutuhkan lebih banyak waktu. Tidak hanya itu, flang ini juga digunakan ketika Anda menginginkan service secara berkala.

Tepatnya service di bagian korosi untuk memangkas biaya produksi. Di mana biayanya akan jauh lebih mahal jika Anda menggunakan flange dari bahan stainless steel.

Namun tidak perlu khawatir lagi, kini telah hadir PT Unggul Prakarsa Prisma yang siap menyediakan berbagai alat teknik dan stockiest terbaik, termasuk menyediakan produk long welding neck lengkap dengan harga terjangkau.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan langsung, silakan kunjungi laman resminya di https://www.unggulpp.com/.