Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Welding Neck Flange - Inilah Alasan Welding Neck Flange Sering Digunakan Pada Pemipaan Industrial

Welding Neck Flange - Inilah Alasan Welding Neck Flange Sering Digunakan Pada Pemipaan Industrial

07 Februari 2023

Inilah Alasan Welding Neck Flange Sering Digunakan Pada Pemipaan Industrial

Flange adalah istilah untuk komponen pada pipa industrial, flange juga punya berbagai jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan metode pada pemasangannya. Jenis flange yang paling sering digunakan pada pipa industri adalah welding neck flange.

Weld neck flange dipasang dengan cara dibor, sehingga pipa bisa sesuai dengan diameter pada saat proses pipe flanges and fittings.

Selain pemasangan yang cukup mudah, masih ada banyak alasan mengapa weld neck flange ini sering dipakai. Berikut adalah keunggulan dari flange jenis weld neck ini.

Apa Fungsi Flange?

Sebelum masuk pada keunggulan weld neck, Anda harus tahu dulu apa fungsi dari flange ini. Singkatnya, flange berfungsi untuk menyambungkan 2 buah komponen menjadi satu kesatuan partisi. Flange juga digunakan untuk menyambungkan 2 komponen secara permanen.

Contohnya dari flange adalah menyambungkan komponen antara pipa dan valve atau pun pipa ke pipa menjadi satu kesatuan.

Keunggulan Weld Neck Flange
  1. Bentuk Kokoh dan Kuat.
    Weld neck flange punya bentuk seperti leher dan mengerucut dan ukuran yang mengecil pada ujungnya. Ujung yang kecil inilah yang mampu mengakomodasi pipa atau selang yang lebih kecil sehingga bisa memudahkan penggunaan pipa.

    Karena fungsi utama dari welding neck flange pada pipa industrial adalah untuk bisa menahan pressuredari aliran fluida yang punya tekanan tinggi, bentuk flange yang kokoh dan kuat inilah yang bisa mencegah kebocoran pada pipa.
  2. Instalasi Pipa yang Mudah.
    Seperti yang dijelaskan di atas, welding neck flange sangat mudah pada saat instalasi. Selain itu, flange ini juga sangat mudah di akses pada saat pemeriksaan integrasi las dengan cara uji radiografi.
  3. Keamanan Aliran Fluida Terjamin.
    Flange ini dipasang dengan di bor sesuai diameter, dengan begitu pipa akan terkunci rapat tanpa celah. Dengan begitu aliran fluida yang punya tekanan tinggi bisa mengalir pada pipa akan terjaga keamanannya.
  4. Sudah Sesuai Standar ANSI.
    ANSI atau American National Standards Institute adalah institusi yang mengurus standarisasi sebuah produk, sistem, proses dan hal lain pada sebuah barang. Sistem ANSI ini sudah tentu jadi acuan agar produk dari Amerika bisa digunakan di seluruh dunia.

    Standar inilah digunakan untuk menilai kinerja produk dengan penilaian yang sama rata untuk semua produk, sehingga weld neck flange sudah pasti layak untuk digunakan dan sudah tentu aman dengan standar internasional.

Itulah tadi informasi mengenai keunggulan pada welding neck flange yang sudah sering digunakan pada pipa industrial. Keamanan pada komponen pipa industrial yang digunakan sangatlah penting, sehingga penggunaan barang yang kokoh serta kuat juga jadi faktor utama penggunaan flange.