Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Flange Pipe Connection, Apa Saja Jenis Flange Pipe Connection? Temukan Jawabannya di Sini!

Flange Pipe Connection, Apa Saja Jenis Flange Pipe Connection? Temukan Jawabannya di Sini!

02 Februari 2023

Apa Saja Jenis Flange Pipe Connection? Temukan Jawabannya di Sini!

Ketika membahas soal sistem perpipaan, ada berbagai komponen penting yang digunakan. Di samping gate globe check valves, masih ada juga flange pipe. Nah, flange pipe ini sendiri terbagi ke dalam beberapa opsi yang akan dibahas dalam jenis-jenis flange pipe connection berikut ini. Selamat membaca!

Weld-Neck Flange

Jenis flange pipe yang satu ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi. Soalnya, weld-neck flange mudah dihubungkan dengan pipa dan fleksibilitas penggunaannya membuat jenis flange pipe ini bisa digunakan untuk fluida bertekanan tinggi maupun rendah, walaupun weld-neck flange sendiri paling banyak digunakan untuk pipa gas tekanan tinggi.

Namanya sendiri dikarenakan bentuknya bagian lehernya yang mengerucut, dan kemudian makin mengecil di ujungnya. Ukuran ujung yang lebih kecil tersebut memang sengaja dibuat untuk mengakomodasi berbagai ukuran pipa.

Slip-On Flange

Kemudian ada slip-on flange, yang hanya sebagian flange-nya saja yang masuk ketika digunakan. Sedangkan sisi luar dan dalamnya sendiri akan melalui proses las (welding). Oleh karena itu, diameter dalam jenis flange yang satu ini sengaja dibuat lebih besar daripada diameter luar.

Socked-Weld Flange

Untuk jenis socked-weld flange ini, terdapat penahanan di sisi luarnya. Adanya penahanan tersebut bertujuan agar pipa yang dihubungkan ke dalam jenis flange pipe connection yang satu ini tidak akan tembus keluar.

Lap-Joint Flange

Jenis flange pipe berikutnya adalah lap-joint flange. Yang dapat diputar di posisi lubang baut. Untuk penggunaannya sendiri, lap-joint flange tidak dianjurkan digunakan pada sistem perpipaan untuk fluida bertekanan tinggi.

Sekilas, lap-joint flange mirip dengan slip-on flange -- tak hanya itu saja, keduanya pun memiliki fungsi yang nyaris serupa, yaitu menghubungkan pipa utama untuk menahan serta mencegah adanya celah di antara sambungan pipa. Apabila terdapat kebocoran pada pipa, hal tersebut bisa berdampak sangat buruk, termasuk risiko pencemaran lingkungan hingga risiko kecelakaan kerja yang menimpa para pekerja di sekitar pipa.

Threaded Flange

Kemudian ada threaded flange, yang sambungannya menggunakan desain ulir. Jenis pipe flange satu ini umumnya bisa ditemukan pada lokasi, sistem, atau pabrik yang rentan kebakaran dengan cara mengeliminasi pekerjaan las atau welding.

Blind Flange

Pada dasarnya, fungsi utama dari blind flange adalah untuk menutup aliran dengan cara kerja serupa dengan pipe fitting. Bentuknya rata dan tidak ada lubang sama sekali mengingat fungsinya adalah sebagai penutup dan bukan sebagai penghubung pipa, sehingga sangat mudah dibedakan dengan jenis-jenis flange lainnya. Karena fungsinya inilah blind flange cenderung menerima tekanan yang relatif lebih tinggi.

Itu dari jenis-jenis flange pipe connection yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk kebutuhan sistem perpipaan industri Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!