Kami adalah perusahaan Pipe dan Valves terbaik di Indonesia.

Mengenal Pipe Flanges & Fittings dan Kegunaannya

Mengenal Pipe Flanges & Fittings dan Kegunaannya

24 Januari 2023

Mengenal Pipe Flanges & Fittings dan Kegunaannya

Dalam dunia industri perpipaan, pipe flanges & fittings merupakan komponen penting dengan fungsi dan kegunaan yang sangat spesifik. Dan di dalam artikel ini, Anda akan bisa temukan rangkuman pembahasan mengenai flange dan fitting untuk membantu Anda lebih memahami tentang komponen tersebut. Selamat membaca!

Apa Itu Pipe Flange dan Fitting?

Pipe flange sendiri merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam pipe fitting. Flange sendiri digunakan untuk menghubungkan dua pipa menjadi satu secara mekanis. Di samping itu, flange juga dapat Anda gunakan untuk menghubungkan sebuah pipa dengan sebuah valve atau perlengkapan lainnya.

Sementara itu, pipe fitting sendiri adalah sebuah pekerjaan yang melibatkan proses perbaikan atau pemasangan pipa, termasuk di dalamnya penyambungan beberapa pipa sekaligus dengan ukuran yang sama maupun berbeda. Dan sesuai dengan kebutuhan, masalah, atau tujuan dari pekerjaan pipe fitting, prosesnya bisa jadi membutuhkan penggunaan pipe flange.

Fungsi Pipe Flange

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa itu pipe flanges & fittings. Lalu, apa fungsinya flange itu sendiri, ya? Seperti yang mungkin sudah Anda simpulkan di sini, flange punya fungsi utama untuk menghubungkan atau menyambungkan dua komponen (pipa) menjadi satu. Penyambungan ini dilakukan untuk mencapai tujuan konstruksi tertentu, dengan penyambungan yang sifat permanen.

Di samping menyambungkan dua pipa atau menghubungkan pipa dengan komponen lain, flange juga dibutuhkan untuk mempermudah proses maintenance yang biasa dilakukan lewat pekerjaan pipe fitting. Tujuan utamanya sendiri adalah untuk mengatur atau mengarahkan aliran cairan alias fluida yang dialirkan melalui pipa.

Material dan Ukuran Flange

Dalam industri, terdapat banyak pilihan pipe flange berdasarkan jenis materialnya. Material yang paling direkomendasikan adalah baja dan stainless steel, terutama untuk kebutuhan industri. Hanya saja, material yang dipilih juga tetap bergantung pada apa jenis fluidanya.

Sebagai contoh, pilih flange stainless steel untuk fluida yang bersifat korosif. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi flange dan mencegah risiko kebocoran fluida yang disebabkan kerusakan kondisinya. Dan selain baja dan stainless steel, ada juga pipe flange yang terbuat dari material besi tempa, tembaga, galvanized steel, alumunium, kuningan, PVC, dan polypropylene.

Sedangkan dari segi ukurannya, ada beberapa aspek yang dipertimbangkan, yaitu ukuran diameter luar flange, ketebalannya, diameter lingkaran baut, ukuran pipa, dan ukuran nominal bore. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda pun bisa tentukan apa ukuran pipe flange yang paling sesuai.

Nah, itu tadi rangkuman penjelasan mengenai topik pipe flanges & fittings. Bagi Anda yang membutuhkan komponen-komponen perpipaan kuat dan berkualitas, pilihlah gate globe check valves dengan material dan ukuran yang tepat untuk dihubungkan dengan komponen perpipaan yang telah terpasang. Dengan begitu, Anda bisa pastikan bahwa aktivitas industri Anda tetap berjalan lancar dan normal sebagaimana mestinya.